Beranda » Artikel Blog » Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Polyester

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Polyester

Diposting pada 29 Agustus 2020 oleh admin | Dilihat: 5 kali | Kategori:

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Polyester.

Kelebihan Bahan Polyester

Meskipun berasal dari bahan kimia, bukan berarti bahan non-alami ini buruk. Bahan polyester memiliki beragam kelebihan yang sangat membantu kehidupanmu. Apa saja kelebihannya? Yuk, simak di bawah ini!

  1. Awet dan tahan terhadap kuman

Bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Ditambah, bahan polyester juga tahan akan bakteri, kuman, dan bahan kimia lain sehingga kamu juga nggak perlu khawatir bahan polyestermu rusak.

2. Tidak mudah berkerut
Screenshot 4

Ada beberapa bahan kain yang mudah berkerut meskipun sudah disetrika berkali-kali. Lain halnya dengan bahan polyester. Bahan ini tidak mudah berkerut meskipun sudah kamu tekuk-tekuk atau gunakan seharian. Selain itu, bahan polyester juga nggak mudah menyusut atau melar, lho. Maka dari itu, bahan jenis ini akan membuat pakaian atau produk kain lainnya tetap memiliki bentuk yang sempurna.

3. Cepat kering dan tahan air
Screenshot 3

Jika baju atau kain berbahan polyestermu dicuci, kamu tidak perlu terlalu lama menunggunya kering. Pasalnya, bahan polyester cepat kering dan tahan air. Hal ini terjadi karena kemampuannya menyerap panas. Maka dari itu, beberapa barang outdoor, seperti tenda kemah, jaket parka, dan payung, menggunakan bahan polyester sebagai bahan utamanya. Bahan polyester sangat cocok digunakan di daerah yang bersuhu dingin karena mudah menyerap panas.

 

Kekurangan Bahan Polyester

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan bahan polyester. Di balik kelebihan bahan polyester, bahan ini juga punya beberapa kelemahan, lho. Berikut adalah kelemahan bahan polyester:

1. Tidak memiliki sirkulasi udara yang baik

Polyester memiliki tekstur yang rapat. Karena kelemahannya yang satu ini, bahan polyester mudah lembap dan sulit menyerap keringat berlebih. Hal ini membuat pengguna bahan polyester tidak nyaman saat memakainya. Apalagi, dengan bahan kimianya, bahan polyester bisa membuat kulitmu iritasi. Tapi hal ini tergantung pada tingkat sensitifitas kulit masing-masing orang.

  1. Mudah terbakar
    Screenshot 2

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, bahan ini mengandung plastic. Karena itu, bahan polyester justru mudah terbakar. Jadi, janganlah menaruh kain atau memakai pakaian polyester di dekat api. Selain mudah terbakar, bahan polyester juga mudah menyusut bila terpapar panas berlebih. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dalam menyetrika kain polyester. Pula, jangan merendam atau mencuci bahan polyester di air panas.

Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan ini, banyak pakaian, kain, dan dekorasi rumah lainnya dibuat dengan komposisi yang tidak sepenuhnya polyester. Biasanya, bahan polyester dicampur dengan bahan lainnya seperti katun. Dengan perpaduan kelemahan dan kelebihan keduanya, hasilnya akan berupa sesuatu yang mampu menyerap keringat, tidak mudah terbakar, mudah kering, tahan lama, dan lain-lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Polyester | Bandar Import

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka

Legalitas Perusahaan

PT. MAHA KARYA DIGITAL

NIB : 0220306891541.

SIUP : 0220306891541.

NPWP : 92.129.548.1-532.000.

SKM : AHU-0033005.AH.01.01.2019.

Alamat

Toko Bandar Import

Jl. Dapur 12, Sungai Pelunggut, Kec. Sagulung,

Kota Batam, Kepulauan Riau Indonoesia.

Kode Pos : 29425.

CS : 081279991800

Google Map

Chat via Whatsapp
CS Bandar Import
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya CS Bandar Import
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja